Daftar Blog Saya

Selasa, 19 Januari 2010

Mengenai TOEFL IBT

TOEFL adalah sarana untuk menguji kemampuan bahasa inggris anda. Nilai TOEFL digunakan sebagai tolak ukur kemampuan and kesiapan anda untuk belajar atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris: Amerika. Hampir semua universitas di Amerika menerima nilai TOEFL anda.

TOEFL dibagi menjadi 3: Paper based, CBT (computer based) dan IBT (internet based). TOEFL pada saat ini adalah IBT. Pertanyaan grammar yang terdapat pada CBT dan paper based tidak akan lagi muncul dalam TOEFL-IBT.

TOEFL IBT menguji anda dalam 4 area:


  • reading - 30 points. 3 bacaan, 12-14 pertanyaan setiap bacaan, 60 menit total

  • listening - 30 points. 2 conversation, 4 short lectures, 45 menit total

  • speaking - 30 points. Berbicara mengenai pengalaman/ pendapat anda. Anda juga akan mengutarakan pendapat anda setelah membaca/ mendengarkan sebuah materi. 20 menit total

  • writing - 30 points. Baca dan dengarkan sebuah materi yang disediakan, kemudian tulis karangan anda berdasarkan pertanyaan seputar materi yang telah anda dengar dan baca. Bagian ke-2 anda akan diminta menulis karangan berdasarkan topik yang disediakan. 50 menit total
Score yang diperlukan untuk masuk universitas kira-kira adalah 77 (Purdue University). Anda harus cek universitas yang anda ingin daftar untuk melihat permintaan minimum nilai TOEFL anda.

Reading
Untuk reading disarankan anda untuk memahami ide dan point-point dari seluruh bacaan. Anda juga bisa harus memahami arah pembicaraan dalam bacaan. Apa hubungan paragraf 1 dan 2.. Pertanyaan-pertanyaan adalah sbb:


  • vocabulary questions - anda akan ditanya kosa kata.

  • paraphrase kalimat yang ada dibacaan. Anda harus memilih kalimat yang artinya sama dengan kalimat yang di tandai di bacaan anda.

  • pertanyaan yang jawabannya bisa anda temukan langsung dibacaan.

  • pertanyaan yang jawabannya anda harus bisa men-deduksikan dari bacaan.

  • pertanyaan dimana anda diminta untuk merangkum seluruh isi bacaan.
Listening
Dalam listening, anda diperbolehkan mencatat selagi mendengarkan pembicaraan. Sering kali sepotong bagian pembicaraan akan di ulang sebelum pertanyaan. Jangan kuatir untuk menghafal istilah atau detail dari pembicaraan yang anda dengar. Sama seperti reading, dengarkanlah dan tangkaplah makna dan alur pembicaraan secara keseluruhan.

Speaking
Anda akan diminta berbicara mengenai pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Jangan kuatir karena anda diberi waktu untuk mempersiapkan topik-topik yang akan anda bicarakan. waktu persiapan kira-kira 15-30 detik. Tulislah point-point penting saja.

Jangan kuatir mengenai aksen/logat bicara anda. Gunakalah logat bicara natural anda. Penilai tidak melihat logat anda tetapi melihat apakah pengucapan anda benar dan jelas.

Writing
Ketika menulis untuk TOEFL anda tidak perlu menggunakan kosa-kata yang tidak lazim. Jangan menggunakan kosa-kata yang anda tidak terlalu yakin penggunaannya.

Inti penting dari sebuah writing adalah:
  • grammar yang baik dan benar
  • isi yang relevant dengan topik
  • kata-kata atau kalimat penguhubung antara paragraf yang satu ke berikutnya
Mohon melihat blog tentang cara menulis essay argumentatif yang baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar