Daftar Blog Saya

Minggu, 17 Januari 2010

Cara Menulis Surat Business Dalam Bahasa Inggris

Dalam menulis surat business, ingatlah hal-hal berikut dalam penulisan anda:


  • Jangan berbelit-belit

  • Kalimat yang mudah dimengerti dan jelas

  • Sopan dalam penulisan

  • Tetapi jangan ragu untuk mempertahankan pendapat anda

ISI SURAT


Salutation/ Pemberian Hormat: Awali surat anda dengan kata-kata pemberian hormat. Gunakan panduan sbb: Dear .........



  1. Dear Ms Jane:
    Gunakan "Ms" bila surat anda ditujukan ke wanita, baik sudah menikah atau belum.

  2. Dear Mr Jane:
    Gunakan "Mr" bila sang penerima surat adalah laki-laki.

  3. Dear Sir or Madam: or Dear Sir(s)
    Gunakan ini jika anda tidak kenal dengan orang yang akan menerima surat anda.

  4. Dear Solar Technology:
    Anda juga bisa menggunakan nama perusahaan jika anda tidak kenal atau tahu siapa yang akan membaca surat anda

Jalan lupa menggunakan : diakhir kata-kata salutan pembuka! Contoh) Dear Mr Benny:


Body: Tulis tujuan atau permintaan anda pada paragraph pertama. Hal ini membantu si pembaca surat untuk segera mengetahui apa tujuan anda menulis surat. Anda boleh menambahkan hal-hal lain yang masih berhubungan dengan tujuan anda, TETAPI buatlah sesingkat mungkin. Dengan menulis paragraph pembuka yang singkat dan jelas, anda telah menunjukan bahwa anda menghargai waktu dan tenaga si pembaca.


Penutup: Gunakan kata-kata salut penutup sbb:


  • Best Regards, <-------- (lebih tidak formal)


    Teddy B

  • Sincerely, <--------- (sedikit lebih formal)


    Teddy B

  • Yours faithfully, <---------(sangat formal. Gunakan jika anda memulai dengan "Dear Sir:")


    Teddy B
"Sincerely" dan "Best Regards" adalah kata-kata salut penutup yang formal dan aman digunakan dalam segala situasi.

Dalam bisnis saya sering melihat kata-kata salut penutup: Cheers, Warmly etc... Simpanlah kata-kata tersebut untuk kekasih atau teman baik anda. Menggunakan kata-kata tersebut dalam business context baik surat atau email sangatlah tidak profesional.


LETTER FORMAT (FORMAT SURAT)

Saya sudah mengerti panduan menulis surat, lalu bentuk format bagaimana yang harus saya pakai? ada berbagai macam format surat: Full-block(paling formal), Semi-block(lebih tidak formal)






BLOCK FORMAT
<----jarak setengah halaman---->

Your address (alamat anda)

1400 Northwestern Av, #05
One College Av, IN 47906
March 4, 2009

Jerry Green, Project Coordinator
ABD MACHINERY
1500 Howard Street, #08
Lafayette, IN 47702

Dear Mr. Green

Please accept my application as an intern in your company. I am currently a senior at Purdue University, with a major in Physics and Mechanical Engineering.

During my studies as undergraduate, I have been participating in various mechanical design projects. Please see enclosed resume for further detail. I am proficient in the use of Matlab, 3D modelling and heat analysis. I have read your company's achievements in the field of food processing equipment. Joining your company would not only be an honor for me but also an opportunity to broaden my engineering horizon.

Please kindly consider my application. I am available for an interview any time and can be reached at 761-555-5995. My e-mail address is thomas_gerald@yahoo.com

I look forward to your reply.

---setengah halaman---

Sincerely,

(signature)

Thomas Gerald

Enc

Berikan margin sekitar 1" di sekeliling surat.

"Enc" - Enclosed. "Enc" menunjukan bahwa ada dokumen lain yang anda sertakan bersama surat anda.

1 komentar:

  1. Nice share, bisa buat tambahan materi buat mengajar.
    Saran aja, kalau mau belajar bahasa inggris bisa di tempat yang mendukung seperti di Kampung Inggris Pare :D

    BalasHapus